MAHULU – Uskup Agung Samarinda Mgr Yustinus Hardjosusanto mengharapkan kepada seluruh umat Katolik di paroki santo petrus agar dapat memelihara gedung gereja ini dengan baik dan sebagai sarana dalam peningkatan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Kasih.

Pemeliharaan gedung ini juga sebagai bentuk ucapan terimakasih kepada Pemkab Mahakam Ulu yang telah membangun gedung gereja ini.

Pernyataan itu disampaikan Uskup Agung saat memberikan sambutan seusai memimpin misa syukur peresmian dan pemberkatan gereja Katolik Paroki Santo Petrus yang berlokasi di Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Selasa (19/10).

Ditambahkan Uskup, bupati dan jajarannya sudah menyerahkan gereja ini kepada keuskupan, namun pada prakteknya kepada Paroki Santo Petrus Ujoh Bilang. Namun sebenarnya tanggungjawabnya diserahkan kepada umat di Ujoh Bilang, dan umat harus memanfaatkan dengan baik, dengan memelihara sebaik-baiknya, sebagai penghormatan dan ucapan terimakasih kepada yang memberi.

“Namun jangan sampai sedikit-sedikit datang ke pemerintah,untuk meminta bantuan bagi peruntukkan gereja,” tegasnya.

Lebih jauh dikatakannya, pertama-tama kita bersyukur kepada Tuhan, karena selain usaha-usaha yang dilakukan, tentu membangun rumah ibadah, khusus gereja ini, kita percaya akan penyelenggaraan Tuhan, yang sungguh ada dan berkarya di tengah-tengah kita.

Dengan gereja paroki ini, menambah semangat umat disini dalam kehidupan iman, karena membangun gereja bukan sebagai tujuan, namun sebagai sarana pengembangan iman.

Oleh karena itu dengan adanya gereja baru ini, diharapkan iman umat terus berkembang, dan juga berterima kasih kepada pemerintah daerah sehingga gereja ini menjadi prioritas pembangunan.

Selain yang saya lihat rumah sakit, ini menunjukkan pemerintah sungguh memperhatikan iman masyarakat di Kabupaten Mahakam Ulu, khususnya di ibukota Ujoh Bilang, sebelum membangun rumah dinas, dan fasilitas lainnya, dan rumah sakit dalam proses penyelesaian.

“Ini menunjukkan sikap dasar, pemerintah ingin supaya,menjadi pelayanan masyarakat, dan sungguh-sungguh menjadi masyarakat yang lebih baik,” ujar Uskup.