Home » Berita Terkini » Tingkatkan Pelayanan Kesehatan 2017, Tim Puskesmas Apung Kembali Bertugas

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan 2017, Tim Puskesmas Apung Kembali Bertugas

UJOH BILANG- Pada tahun ini Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana kembali mengerahkan Tim Puskesmas Apung pertama pada tahun 2017, yang merupakan kelanjutan dari tahun 2016, yang termasuk dalam Program Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu, yang mana tim tahap pertama ini akan melayani Kampung-kampung yang berada di Kecamatan Laham, Long Hubung dan Long Bagun.

Dalam arahannya kepada Tim Puskesmas Apung yang bertugas Bupati menyatakan, jalankan tugas mulia ini dengan baik, dengan tulus dan dengan hati sehingga masyarakat dapat benar-benar marasakan apa yang dinamakan dengan pelayanan kesehatan terpadu dan prima itu.

“Pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh Tim Puskesmas Apung ini meliputi, pemeriksaan pelayanan kesehatan umum dan secara bertahap nantinya terus akan dilaksanakan di Kecamatan-kecamatan lainnya, sesuai dengan pembagian Tim yang telah di buat oleh Dinas Kesehatan,”tegas Bupati.

Bupati menuturkan, kita harus mengakui bahwa Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB terus mengalami kemajuan, kita sudah melihat sudah banyak program pelayanan kesehatan yang sudah berjalan, termasuk program yang merupakan visi-misi kami, yaitu Program Puskesmas Apung, dan juga kita juga banyak mendapatkan alat-alat medis yang tentunya ini akan semakin membantu kita dalam hal pelayanan kesehatan yang semakin baik.

“Yang pasti harapan saya fasilitas yang sudah kita dapatkan ini bisa digunakan sebaik mungkin, tentunya saya sangat mengapresiasi hasil yang telah di capai oleh Dinas Kesehatan, dan ini bisa menjadi contoh bagi SKPD lainya agar pelayanan dibidangnya masing-masing terus di tingkatkan demi tercapainya, “Mahakam Ulu Untuk Semua Sejahtera dan Berkeadilan,”harapnya.

Saat dijumpai disela-sela kegiatannya Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB Teguh Santoso menyatakan, sesuai dengan program visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Mahakam Ulu, demi meningkatkan pelayanan kesehatan dengan Program Puskesmas Apung ini, kami menugaskan kembali Tim tahap pertama pada tahun 2017 ini, yang nanti akan malayani Kampung-kampung yang tersebar di Kecamatan Laham, Long Hubung dan Long Bagun.

“Tim ini akan melayani 12-15 Kampung, satu persatu kampung di kunjungi yang di lengkapi dengan Dokter Umum, Dokter Gigi, dan tenaga medis yang lengkap serta di bekali dengan peralatan medis yang lengkap ada alat pemeriksaan ibu hamil juga sehingga masyarakat, bisa terlayani dengan baik serta dapat merasakan pelayanan kesehatan yang langsung menjangkau ke kampung-kampung,”jelasnya.

Kadis menambahkan, memang polanya hampir sama dengan tahun 2016, namun tahun ini Bapak Bupati menghimbau kepada petugas kesehatan agar laboraterium pelayanan kesehatannya ditingkatkan, agar setiap kampung itu diambil sempel untuk diperiksa secara lengkap, sehingga berguna untuk pemetaan penyakit dan nantinya dapat beguna untuk perencanaan program kesehatan di tahun-tahun berikutnya.

“Pada tahun ini melalui dana DAK ada pengadaan berupa Speed Ambulans, yang nantinya di gunakan untuk Puskesmas Apung di daerah perbatasan, kami punya target sekitar bulan Juni dan Juli Speednya sudah ada maka akan kita bentuk Tim yang kedua untuk berangkat ke daerah perbatasan,”ujar teguh.

Lebih dalam ditambahkannya, nanti ambulan apungnya ini kita akan stan bay di daerah perbatasan bersama dengan Tim medisnya akan selalu ada disana, kebetulan di Long Lunuq kita punya logistik obat, maka tim yang disanalah yang saling mengkoordinasi dan sekaligus menjadi markas dari Puskesmas Apung yang berada di hulu riam daerah perbatasan. (Advertorial HMS05)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*