MAHAKAM ULU — Masuknya Proyek Pengembangan Infrasturktur Pemukiman (PIP) melalui Satuan Kerja PKPK Kemeterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memberikan angin segar bagi masyarakat perbatasan yang berada di Kecamatan Long Apari.

 

Kegiatan proyek PIP yang direncanakan selama dua tahun ini diantaranya meliputi peningkatan jalan lingkungan di wilayah pedesaan di  Kecamatan Long Apari, jembatan, drainase, serta penyediaan air bersih.

Sementara itu, untuk pembangunan jembatan akan diprioritaskan pada penyelesaian ruas jembatan di Long Apari, yakni yang berlokasi di belakang Pospamtas (Pos Pengamanan Perbatasan). Kondisi jembatan yang ada sekarang sudah cukup mengkhawatirkan, sehingga perlu pembangunan jembatan baru pada lokasi yang lebih sesuai untuk akses masyarakat ke permukiman penduduk yang terletak di belakang Pos Pamtas.

Dikatakan Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh saat melakukan peninjauan proyek PIP di Kecamatan Long Apari beberapa waktu yang lalu, kita sangat bersyukur dengan masuknya proyek dari Kementerian PU memberikan suatu nilai plus untuk pembangunan masyarakat Long Apari karena disana akan dialokasikan dana multiyes yang berjumlah 98 Milyar.

 

“Mudah – mudahan dapat berjalan dengan baik  sehingga kualitas hidup masyarakat kita yang berada diperbatasan dapat menjadi lebih baik dan apa yang menjadi kebutuhan terutama infrastruktur dapat segera terpenuhi, serta mendapat fasilitas yang layak sebagai tempat tinggal dengan lingkungan yang baik,” ucapnya saat diwawancarai.

 

Bupati menambahkan, dengan masuknya proyek PIP tersebut diharapkan peran aktif masyarakat untuk mendukung dan juga sekaligus mengawasi jika ada yang kurang berkenan agar segera berkoordinasi kepada pemerintah Kabupaten sehingga kita bisa menyelesaikan secara bersama – sama.  “Partisipasi aktif dari semua pihak sangat dibutuhkan, sehingga percepatan pembangunan di tingkat kecamatan dan pedesaan khususnya di wilayah perbatasan dapat terealisasi sebagaimana mestinya,” tuturnya,

 

Semua kegiatan proyek PIP ini akan diselesaikan hingga desember tahun 2017 dan diharapkan dukungan dari masyarakat, sehingga hasilnya pun dapat dirasakan oleh masyarakat kecamatan Long Apari.

Perlu diketahui juga selain meninjau kegiatan proyek PIP, Bupati yang juga didampingi oleh Wakil Bupati juga meninjau proyek pembangunan PLN yang berada di kampung Tiong Ohang Keca matan Long Apari dan rencananya akan diresmikan pada tanggal 27 Oktober 2016 .