UJOH BILANG – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Mahakam Ulu menggelar Musyawarah Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Putri Putra (Musppanitera). Acara digelar di Balai Pertemuan Kecamatan Long Bagun, Jumat (13/01). Hadir, Ketua Dewan Kerja Daerah Provinsi Kaltim dan Majelis Pembimbing Ranting Tingkat Kecamatan Long Bagun Imansyah. Hadir pula masing-masing dua orang dari tiap-tiap sekolah yang berada di Kabupaten Mahakam Ulu,.

Bupati Mahakam Ulu Bonfiasius Belawan Geh dalam sambutannya yang dibacakan sekretaris kabupaten Mahakam Ulu  sekaligus Ketua Harian Majelis Pembimbing Cabang Pramuka Kwarcab Mahakam Ulu, Yohanes Avun menyampaikan, musyawarah ini dapat mendorong perkembangan dan kemandirian gerakan pramuka untuk percepatan pembentukan, generasi kaum muda yang lebih baik, sehingga dapat menjadi generasi yang bertanggung jawab.

Dan juga menjadi calon pemimpin bangsa yang handal, Seperti tema kegiatan kita hari ini adalah “Galakkan Sportivitas dan Kreativitas Ciptakan Generasi Berkualitas Membangun Mahakam Ulu Tanpa Batas,”ujarnya.

Ia menegaskan, konteks keterkaitan pembangunan di Kabupaten Mahakam Ulu, kegiatan musyawarah ini bertujuan untuk membentuk dan membina generasi muda penerus pemimpin bangsa, yang memiliki kepribadian yang luas, kepedulian yang tinggi, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inofatif dan pekerja keras demi perubahan kemajuan serta keberhasilan pencapaian cita-cita pembangunan di Kabupaten Mahakam Ulu.

“Untuk itu saya berharap kepada seluruh peserta agar gerakan pramuka di Mahakam Ulu ini betul-betul dilaksanakan dengan baik, guna memantapkan tekad generasi muda sebagai patriot pembangunan, khususnya membangun Kabupaten Mahakam Ulu ini adalah tugas kita bersama,” tegasnya

Sekda menjelaskan, Dewasa ini kaum muda pada sisi yang lain, dihadapkan dua persoalan yang besar yaitu masalah sosial dan kebangsaan, masalah sosial meliputi masalah Narkoba dan lain-lain, namun dengan kegiatan pramuka ini kita semua dapat terhindar dari permasalahan ini dan dapat memiliki kegiatan yang positif sambil menambah ilmu.

“Inilah pentingnya peranan Gerakan Pramuka yang tujuan utamanya, untuk membentuk kaum muda yang berkarakter, menanamkan semangat kebangsaan dan meningkatkan keterampilan dan juga gerakan pramuka ini sebagai penyaring dari berbagai pengaruh yang tidak sesuai dengan nilai bangsa indonesia,”lugasnya.

Ketua Pramuka Kwartir Cabang Mahakam Ulu Benediktus Wisdiadi mengatakan, Musppanitera merupakan kegiatan Pramuka Kwatir Cabang Mahakam Ulu, untuk merumuskan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega selanjutnya sekaligus dalam rangka menghasilkan Dewan Kerja Cabang.

“Dewan Kerja Cabang ini nantinya akan menjadi mitra langsung dari Kwartir Cabang Pramuka Mahakam Ulu,”ungkap pria yang kerap disapa Kak Adi.

Ia menambahkan, Musppanitera sebagai ajang mencari figur yang cocok yang nantinya dapat mengurus Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega lebih baik lagi dan memiliki program kerja yang terarah.

“Kita harus memasyarakatkan Pramuka apalagi kita ketahui Pramuka ini adalah pelajaran yang wajib di sekolah baik itu tingkat SD,SMP dan SMA, inilah harapan kita melalui kegiatan ini kita memaksimalkan, untuk mewujudkan yang terbaik melalui program-program Pramuka demi kepentingan kita bersama,”tuturnya.(Humas05)