MAHAKAM ULU-Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu menggelar sosialisasi Pengelolaan Dana Kampung dan alokasi Anggaran Dana Kampung (ADK) di Samarinda, Selasa (20/12). Sosialisasi yang berkerjasama dengan Pusat Inforamasi Kementerian Dalam Negeri yang dipelopori oleh Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Mahakam Ulu, di buka oleh Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh.

Dalam laporannya Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Mahakam Ulu Lawing Nilas menyatakan,  Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas aparatur penyelengara pemerintahan kampung se Kabupaten Mahakam Ulu, melakukan pendampingan terhadap penyusunan perencanaan Anggaran Dana Kampung tahun 2017.

“Dan terpenting adalah memberikan penjelasan terhadap pedoman teknis ADK Tahun 2017, serta memberikan pedoman terhadap prioritas penggunaan alokasi dana kampung dari anggaran pendapatan daerah dan dana kampung dari anggaran pendapatan belanja negara,”ungkapnya.

Menurut Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh, dalam sambutan menyampaikan, sebagai Bupati saya memiliki komitmen mendesintralisasikan anggaran Kabupaten dari 3-6 milyar kepada Pemeritah Kampung, ini bertujuan agar Pemerintah Kampung terut serta secara aktif dalam menentukan jenis kegiatan yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat kampung dengan cara  musyawarah dan bertukar pikiran.

“Sebagai informasi saya menyampaikan ADK ini akan terus bertambah tiap tahunnya tergantung dari anggaran Pemerintah Pusat yang tersedia dan juga tergantung dari prestasi dari Aparatur Pemerintah Kampung bagaimana mengelola ADK dan dapat terserap dengan baik,”nyatanya.

Bupati menambahkan, agar dana ini dapat digunakan secara efisien maka melalui sosialisasi ini Dana Desa dengan jumlah yang berfariasi antara kampung, dapat digunakan untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan, pembinaan kelembagaan kemasyarakatan ditiap kampung, infrastruktur terutama infrastruktur jalan dan jembatan, demikian pula pengunaan ADK.

“Namun harus menjadi perhatian kegiatan yang sejenis jangan sampai dibiayai dari dua sumber yang berbeda, kelompak masyarakat yang menjadi sasaran ADK harus berbeda dengan kelompok masyarakat yang menjadi sasaran Dana Desa,”Tegas Bupati.

Bupati menuturkan, Apabila program ADK dan Dana Desa ini bias berjalan dengan baik, tentunya sesuai dengan apa yang telah kami programkan, ini sangat membantu perkambangan pembangunan di semua kampung yang berada di Kabupaten Mahakam Ulu dan masyarakat juga terbantukan karena semua pembangunan dapat lansung dirasakan oleh masyarakat kampung.

“Semoga melalui acara sosialisasi ini dapat berguna bagi kita semua khususnya bagi Aparatur Pemeritah Kampung, ikuti acara ini dengan baik sehingga apa yang diperoleh disini dapat di aplikasikan di kampungnya masing-masing,”imbaunya.

Sosialisasi yang dilaksanakan selama empat hari mulai dari tanggal 18-21 Desember 2016, mengundang para Aparatur Pemerintah Kampung, Kepala Kampung, Juru Tulis, dan Bendahara Kampung, dari seluruh kampung yang berada di Kabupaten Mahakam Ulu.