Kini masyarakat Tiong Ohang Kecamatan Long Apari sangat bergembira, karena melalui kerjasama Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu dan PT.PLN pada hari Kamis, (27/10), Bupati Bonifasius Belawan Geh telah meresmikan PLTD Kecamatan Long Apari. Dimana PLTD ini akan mengalirkan listrik ke 7 Kampung dikecamatan Long Apari.

Namun diterangkan oleh Asisten Manejer PLN Area Samarinda Edy Santoso dalam sambutanya, saat ini instalasi jaringan didaerah Kampung Tiong Ohang dan Naha Buan sudah berjalan sekitar 90 Persen, dan kita akan segera melanjutkan instalasi ke Kampung Tiong Bu’uh dan 4 kampung disekitarnya.

“Untuk saat ini rumah yang telah terpasang jaringan listrik adalah sebanyak 50 rumah, dan PLN terus membuka pendaftaran bagi warga yang rumahnya masih belum teraliri listrik untuk segera menghubungi kami, cukup dengan membawa photo copy KTP dan membayar biaya pemasangan saja”ungkapnya.

_dsc0382

Ia melanjutkan, bagi Kampung-kampung yang masih belum terjangkau oleh jaringan listrik agar dimohon bersabar, karena kita akan terus mengembangkan jaringan instalasi ini sesuai dengan program yang telah kita rencanakan secara bertahap.

“Jadi untuk itu kami mohon bantuan dari seluruh warga, dan Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu untuk kelancaran penyelesaian jaringan ini, karena jaringan ini milik rakyat kec.Long Apari yang dikelola Negara melalui PLN , untuk itu agar dapat dijaga dengan baik,”himbaunya.

Sebelum melakukan prosesi peresmian PLTD Bupati Bonifasius Belawan Geh dalam sambutanya menyatakan, kehadiran PLN menjadi harapan kita semua, karena PLN adalah satu-satunya pemasok tenaga listrik di Indonesia yang paling mampu menyediakan kebutuhan listrik secara berkelanjutan dengan biaya yang murah.

“Namun karena sejumlah kebutuhan dengan kemampuan PLN untuk membangun fasilitas pembangkit tenaga listrik masih belum seimbang, maka daerah-daerah yang diutamakan untuk dilayani oleh PLN adalah daerah dengan jumlah dan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi,”ungkapnya.

Selain itu Bupati menambahkan, daerah yang mendapatkan prioritas PLN adalah daerah yang masih mudah dijangkau dan memiliki infrastruktur yang sudah memadai. Akan tetapi dalam perkembangan selanjutnya, sesuai dengan kemampuan keuangan negara yang cukup, penyediaan tenaga listrik di daerah pedalaman teruma yang berbatasan langsung dengan negara tetangga sudah masuk dalam skala prioritas Pemerintah Pusat.

“Sehubungan dengan itu keterbatasan insfrastruktur pendukung seperti jalan dan jembatan tidak lagi menjadi kendala, tahap demi tahap daerah pedalaman terutama daerah perbatasan sudah mendapat prioritas dari Pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan listrik,”nyatanya.

Lebih dalam di tambahkan Bupati, dengan peresmian PLTD ini maka sebagian kebutuhan pasokan tenaga listrik, di Kecamatan Long Apari khususnya Kampung Tiong Ohang dan sekitarnya sudah dapat terpenuhi sebagian.

“Saya katakan masih sebagian karena belum semua rumah warga yang dapat dilayani untuk saat ini, selain itu juga pelayanan listrik ini belum bisa menyala selama 12 jam, namun hanya masih menyala 6 jam. Walaupun dengan keterbatasan ini kita wajib bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada PT. PLN yang telah berupaya mengadakan listrik yang baik bagi Kampung Tiong Ohang dan sekitar,”jelasnya.

Bupati melanjutkan, dengan telah terwujudnya PLTD Kampung Tiong Ohang ini adalah bagian dari rangkaian program awal dari Pemerintah Daerah Mahakam Ulu tahun 2016-2021, masih banyak lagi daerah yang  masih belum memiliki jaringan listrik yang cukup namun akan segera dibangun oleh pemda Mahulu.

Sekali lagi saya sampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kecamatan Long Apari, yang sangat antusias dalam mendukung program-program Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Mahakam Ulu.

“Mari kita bulatkan tekad dan bahu-membahu dalam mendorong pertumbuhan pembangunan dan ekonomi Kabupaten Mahakam Ulu yang kita cintai ini,”ujarnya.

Bupati juga berpesan kepada masyarakat Kecamatan Long Apari, untuk turut bersama-sama menjaga fasilitas listrik yang dimiliki saat ini, karena fasilitas listrik ini adalah milik masyarakat Kec. Long Apari.

Dalam acara ini turut hadir pula Kepala Bappeda Stephanus Madang, Kadis PU Bambang Eko Pujianto, Kepala Kantor Perbatasan Harun Alrasyid, Kabag Umperhum Nasution Hibau Djaang, Camat Kecamatan Long Apari Valentina Lalang serta pejabat lainya.