UJOH BILANG – Keberadaan CU Daya Lestari memiliki peran dan sejarah panjang dalam karyanya di Kaltim dan Kaltara, khususnya operasi Kubar Mahakam Ulu, dimana dalam rentang waktu yang cukup lama, peran CU Daya Lestari membawa dampak positif yang cukup besar dan pengaruh terhadap perkembangan hidup dalam masyarakat di pedalaman, pelosok wilayah kabupaten Mahakam Ulu hingga saat ini.

Hal itu disampaikan Bupati Mahakam Ulu Bonifasius dalam sambutannya, pada acara peletakan batu pertama pembangunan tempat pelayanan (TP) Credit Union Daya Lestari Kirab Ngayang di Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu, Kamis (26/1).

“Hingga pembangunan sarana prasarana yang berkualitas, dirasa menjadi sangat penting, untuk pelayanan yang lebih efektif dan efesien bagi perkembangan CU Daya Lestari di Kabupaten Mahakam Ulu,” tandas Bupati.

Sebagai sebuah organisasi CU Daya Lestari menghimpun masyarakat kepada kemandirian, saya katakan demikian, bagi beberapa orang yang telah menjadi anggota tetap CU Daya Lestari pasti sudah merasakan manfaat yang cukup besar, terlebih dalam meningkatkan taraf hidup seperti menyiapkan dana bagi pendidikan anak, tabungan pelayanan kesehatan, menyiapkan tabungan pembangunan rumah, tabungan pembeliaan kendaraan, dan persiapan persalinan, hingga santunan kematian, serta penyaluran kredit berbagai jenis usaha.

”Semua produk itu disiapkan untuk membangunan ekonomi kerakyatan” tandas Bupati.

Mengingat peran dan fungsi CU Daya Lestari, akan memenuhi kebutuhan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat, khususnya Mahakam Ulu. Maka pada hari yang cerah ini, kita melakukan suatu mohon yang penting, yaitu peletakan batu pertama pembangunan gedung agar sesuatu pelayanan menjadi lancar, tertib dan efesien, yang tentunya dilakukan dengan berbagai proses panjang mulai dari perencanaan dan pelaksanaan,oleh karena itu, atas nama pemerintah kabupaten Mahakam Ulu serta jajarannya,mengapresiasi pembangunan gedung ini.

Dan yang terpenting mengedepankan rasa keberasamaan di antara kita, untuk dapat saling bekerjasama, dengan diawali dengan peletakan batu pertama, dapat selesai dengan target waktu yang telah ditentukan.

“Maka sebagai manusia,kita tidak lupa untuk bersandar dan perkenan Tuhan, pembangunan CU Daya Lestari dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” ujarnya.

CU Daya Lestari adalah salah satu koperasi yang bergerak dibidang pengelolaan keuangan, CU ini telah berdiri sejak tahun 90-an. Dalam rentan waktu yang sudah lama, 10 tahun lebih sudah, sudah berkembang sangat besar, dan hasilnya sudah mencapai ratusan miliar bahkan hampir mencapai triliunan.

“Pengelolaan suatu usaha membutuhkan profesionalisme, ada  tupoksinya,aturan main, disiplin pengelolaan, tata kelola yang bagus, dan ini sudah dijalani oleh pengurus CU sehingga berkembang cukup bagus, aset besar, nasabah yang cukup besar pula,” paparnya.

Sebagai suatu usaha lembaga pengelolaan keuangan, saya menitip pesan agar secara pengelolaan manajemen dapat tetap profesional, tetap mengembangkan usaha ini, menjadi lebih maju ke depan, dengan menambah asetnya yang jauh lebih banyak, sehingga dapat berperan dalam membantu pembangunan di Kabupaten Mahakam Ulu.

Kita berharap CU berkembang dan nasabahnya juga berkembang lebih maju dan sejahtera, sehingga masing-masing memiliki peran, disamping CU memberikan kontribusi bagi nasabahnya, mengamankan asetnya, CU juga dapat memberikan suport dalam anggaran bagi pembangunan Mahakam Ulu. (Humas06)