Home » Berita Terkini » Gelar Lomba dan Upacara, Mahakam Ulu Peringati Hari Pendidikan Nasional.
Seluruh SKPD, Anggota Kapolsek Long Bagun, Anggota Danramil Long Bagun, Sekolah SD, SMP dan SMA Menghadiri Upacara Hari Pendidikan Nasional.
Seluruh SKPD, Anggota Kapolsek Long Bagun, Anggota Danramil Long Bagun, Sekolah SD, SMP dan SMA Menghadiri Upacara Hari Pendidikan Nasional.

Gelar Lomba dan Upacara, Mahakam Ulu Peringati Hari Pendidikan Nasional.

UJOH BILANG – Saat menjadi Inpektur Upacara Sekreteris Daerah Drs Yohanes Avun  dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang dihadiri oleh Seluruh SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu, Anggota Polsek Long Bagun, Anggota Danramil, Seluruh SD, SMP dan SMA yang berada di Kabupaten Mahakam Ulu dan sekaligus membacakan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, upacara ini dipusatkan di Lapangan Bola Kampung Ujoh Bilang Kecamatana Long Bagun, Senin (2/5).

Sekretaris Daerah Yohanes Avun Membacakan Pidato dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI .

Sekretaris Daerah Yohanes Avun Membacakan Pidato dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI .

Dalam kesempatan ini Sekretaris Daerah menyampaikan, hari Pendidikan Nasional kita rayakan sebagai hari kesadaran tentang pentingnya kualitas manusia. Presiden Jokowi menggariskan bahwa Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani dunia dan akan berhasil dalam berbagai kompetisi era global jika tinggi kualitas manusianya. manusia yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci kemajuan bangsa.

Segala capaian yang kita raih sebagai individu maupun sebagai bangsa kolektif tak lepas dari persinggungan dengan pendidikan. Mutu dan jenjang pendidikan berdampak besar pada ruang kesempatan untuk maju dan sejahtera. Maka memastikan setiap manusia Indonesia mendapatkan akses pendidikan yang bermutu sepanjang hidupnya sama dengan memastikan kejayaan dan keberlangsungan bangsa.

“Dengan begitu salah satu dukungan yang perlu kita berikan pada anak-anak Indonesia adalah memastikan bahwa apa yang mereka pelajari saat ini, adalah apa yang memang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan jamannya. Keterampilan utuh yang dibutuhkan oleh anak-anak Indonesia di abad 21 ini mencakup tiga komponen yaitu kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi,”himbaunya.

Yohanes menambahakan, karakter terdiri dari dua bagian. Pertama, karakter moral, sesuatu yang sering kita bicarakan. Karaker moral itu antara lain adalah nilai Pancasila, keimanan, ketakwaan, intergitas, kejujuran, keadilan, empati, rasa welas asih, sopan santun.

Yang kedua dan tak kalah pentingnya adalah karakter kinerja. Di antara karakter kinerja adalah kerja keras, ulet, tangguh, rasa ingin tahu, inisiatif, gigih, kemampuan beradaptasi, dan kepemimpinan.

“Kita ingin anak-anak Indonesia menumbuhkan kedua bagian karakter ini secara seimbang. Kita tak ingin anak-anak Indonesia menjadi anak yang jujur tapi malas, atau rajin tapi culas. Keseimbangan karakter baik ini akan menjadi pemandunya dalam menghadapi lingkungan perubahan yang begitu cepat,” tegasnya.

Menanggapi tentang program pendidikan yang telah di selenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, dan di Kabupaten Mahakam Ulu saat ini Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan E Tek Hen Yohanes mengungkapkan, yang jelas kita dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mahakam Ulu sudah banyak memiliki kegiatan dan program yang berhubungan dengan peningkatan pendidikan di Kabupaten Mahakam Ulu.

“Untuk meningkatkan mutu pendidikan kita telah melaksanakan beberapa diklat, pelatihan guru-guru, kemudian kita juga telah mengirim juga beberapa siswa yang berprestasi untuk belajar ke Universitas yang telah berkerjasama dengan kita,”jelasnya.

Ia menambakan, sesuai dengan apa yang telah di programkan oleh kementerian bahwa di Kabupaten Mahakam Ulu ini pelaku pendidikan inilah yang akan menjadi panglima di tempat kita ini, kalau pendidikan ini menjadi paklima berarti segala sesuatu yang mengikuti hal tersebut maka kualitas pendidikan di Kabupaten Mahakam Ulu akan semakin meningkat.

“Dan semoga para siswa, guru-guru dan seluruh masyarakat Kabupaten Mahakam Ulu, punya motipasi, keinginan dan rasa memiliki terhadap Kabupaten Mahakam Ulu, hingga keninginan belajar dan mengajar itu tambah meninggkat,”harapnya.

Setelah pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan pembagian hadiah bagi juara lomba-lomba yang di laksanakan, oleh pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional di Kabupaten Mahakam Ulu.

Sekretaris Daerah Yohanes Avun Memberikan Hadiah kepada para juara dalam perlombaan yang di adakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mahakam Ulu.

Sekretaris Daerah Yohanes Avun Memberikan Hadiah kepada para juara dalam perlombaan yang di adakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mahakam Ulu.

Perlombaan yang dilaksanakan untuk meningkatkan peran aktif siswa dalam dunia pendidikan, adalah lomba menggambar tingkat SD, lomba tenis meja tingkat SMP putra dan putri, lomba baca puisi tingkat SD, SMP dan SMA, lomba story telling tingkat SMP dan SMA, lomba paduan suara tingkat SD, SMP dan SMA, lomba cerdas cermat tingkat SD, SMP dan SMA, yang diikuti oleh seluruh sekolah yang berada Kabupaten Mahakam Ulu. (Advertorial/aim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*