Home » Berita Terkini » Fiber Optik Akan Masuk ke Mahulu

Fiber Optik Akan Masuk ke Mahulu

MAHAKAM ULU – Direncanakan pada bulan Agustus 2017, Kabupaten Mahakam Ulu akan terkoneksi dengan jaringan serat optik yang dibangun oleh perusahaan Palapa Ring, yang disambungkan langsung dari Kecamatan Melak, Kabupaten Kutai Barat dengan panjang 120 kilometer.

Keberadaan serat optik ini akan membantu Kabupaten Mahakam Ulu terlepas dari keterisolasian komunikasi, serta dalam memperkuat jaringan data di Mahakam Ulu.

Disampaikan Wakil Bupati Mahakam Ulu Y Juan Jenau membuka acara sosialisasi jaringan tulang punggung seratoptik nasional Palapa Ring yang dilaksanakan di BPU Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, beberapa waktu lalu.

Acara ini dihadiri oleh Camat dari Kecamatan Long Hubung, Laham dan Long Bagun serta Petinggi/Kepala Kampung, Kepala Adat dan Ketua BPK yang berada di ketiga kecamatan tersebut, yang nantinya dilalui oleh jaringan kabel serat optik.

“Tidak dapat dipungkiri bahwa dewasa ini kebutuhan akan sistem komunikasi di era digital ini menuntut peran jaringan telekomunikasi yang efektif dan efisien, terutama di Kabupaten Mahakam Ulu. Perkembangan komunikasi inilah yang kemudian mendorong pemerintah daerah untuk berupaya meningkatkan sistem komunikasi, dengan membuka bekerjasama dengan stakeholder terkait,” sampai Juan membuka sambutannya.

Peningkatan sistem komunikasi yang baik melalui pembangunan serat optik nasional palapa ini, katanya, sebagai upaya untuk mendukung penggunaan data internet mulai dari perkantoran, perbankan sampai pelaku ekonomi yang merupakan pemeratan dan percepatan pembangunan infrastruktur telekomunikasi, penyediaan jasa akses teknologi, informasi dan komunikasi yang belum memadai saat, sehingga pemerintah dan masyarakat dapat terhubung dengan nyaman tanpa terputus oleh pengaruh cuaca dan bandwith yang rendah.

Terpasangnya jaringan serat optik nasional palapa ring ini di Kabupaten Mahakam Ulu adalah merupakan upaya pemeretaan komunikasi di seluruh Indonesia mulai dari perkotaan hingga pedesaan, menurut peraturan Presiden Republik Indonesia No 3 tahun 2016, tentang percepatan pelaksanaan proyek strategi Nasional.

Sejalan dengan itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Mahakam Ulu dalam menopang roda pemerintahan terus berupaya dalam pembenahan pembangunan. Dan kami selaku kepala daerah memiliki komitmen yang kuat dalam misi yang pertama yakni “Membangun dan meningkatkan sarana dan prasarana publik yang berkualitas, adil, berkelanjutan dan berwawasan lingkungan”.

“Saya katakan demikian karena, Misi ini diarahkan untuk mewujudkan tersedianya infrastruktur strategis yang mantap, sehingga mampu menopang kebutuhan masyarakat dalam melakukan berbagai aktifitas, terutama aktifitas ekonomi. Ini merupakan salah satu prioritas utama dalam misi, untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik, sehingga apa yang diharapkan masyarakat dapat terpenuhi,” tegasnya.

Oleh sebab itu Juan berharap dengan adanya proyek pembangunan jaringan tulang punggug serat optik nasional palapa ring di Kabupaten Mahakam Ulu yang segera di aplikasikan ini dapat dijaga, dipelihara dan di manfaatkan untuk kepentingan bersama sehingga program-program pembangunan ini betul-betul tepat sasaran dan bermanfaat dalam mewujudkan proses pembangunan yang optimal dan berkesinambungan. (humas06)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*