UJOH BILANG – Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh menegaskan bahwa kondisi kehidupan sosial dan ekonomi Mahakam Ulu memang masih berada pada taraf yang sederhana. Tetapi dinamika sosial ekonomi justru sedang bergerak maju.

Kemajuan pembangunan ekonomi ini karena ditopang oleh pembangunan fasilitas infrastruktur.

“Secara bertahap, dalam periode 5 tahun masa bhakti Bupati, jalur hubungan darat yang menghubungkan Mahakam Ulu dengan Kutai Barat akan kita wujudkan,” tegas Bupati dalam sambutannya pada Perayaan dan Ibadah Natal Bersama Umat Kristiani Kabupaten Mahakam Ulu, yang dilaksanakan di Balai Adat Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Rabu (11/1).

Selain itu, hubungan darat dari ibukota Ujoh Bilang ke wilayah Long Pahangai dan Long Apari juga akan diselesaikan secara bertahap. Dengan terbukanya hubungan transportasi darat dari bagian hulu ke bagian hilir, maka pusat-pusat pertumbuhan ekonomi akan tumbuh di jalur darat.

“Ini mengandung arti, bahwa pusat pertumbuhan di sepanjang sempadan  Sungai Mahakam akan dilengkapi oleh pusat-pusat pertumbuhan di jalur darat,” ujar Bupati.

Dengan kehadiran pusat-pusat pertumbuhan ekonomi di jalur darat, maka peluang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat menjadi semakin beragam. Akan ada kelompok masyarakat yang berusaha di sempadan Sungai dan di sepanjang jalur darat yang baru akan kita buka. Peluang berusaha semakin besar, dan kita upayakan untuk bisa merata.

Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu akan membangun sektor pertanian secara terpadu, sehingga dipenuhi secara mandiri. Ketergantungan kita pada pasokan bahan pangan dari luar daerah sedapat mungkin harus kita kurangi.

Selain membangun infrastruktur perhubungan darat dan bidang pertanian, Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu juga akan meningkatkan kualitas pelayanan di jalur sungai. Tahun 2017 adalah tahun pertama bagi kita semua untuk meluncurkan Program Speed Gratis. Program ini sedang dimatangkan di Dinas Perhubungan. Pada mulanya, program ini dirancang khusus untuk membantu kelompok masyasrakat yang kurang mampu. Namun dalam perhitungan kemudian, sedang diupayakan agar program speed gratis berlaku umum bagi seluruh warga Kabupaten Mahakam Ulu, tanpa kecuali.

“Mari kita berdoa bersama agar analisis terakhir dan pola pelaksanaan program speedboat gratis bisa selesai pada waktu yang sesuai,” ajak Bupati.

Lebih jauh dikatakannya, pada tahun 2017 yang penuh dengan berkat ini, kita juga akan meluncurkan program pemerintahan berjalan.  Pelayanan kesehatan di jalur sungai akan kita tingkatkan melalui penyediaan layanan kesehatan dengan speedboat. Sedangkan di jalur darat akan siapkan ambulans.

Dengan semakin meluasnya cakupan layanan pemerintahan dan semakin banyaknya jenis program yang berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat, maka suasana kehidupan sosial ekonomi yang kondusif semakin kita perlukan.

Bupati menyadari dinamika pembangunan berpotensi untuk memicu persaingan yang tidak sehat. Oleh karena itu, makna Natal perlu dijadikan sebagai pegangan. Masyarakat perlu mendukung program pemerintah, sehingga para aparatur Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu bisa bekerja dalam suasana yang kondusif.

“Persaingan dalam berusaha adalah sebuah pertanda akan adanya dinamika masyarakat. Namun kepatuhan terhadap aturan perundangan jangan sampai dilupakan,” ingatkan Bupati.

Dalam kesempatan itu Bupati menyampaikan satu pesan kepada kita semua. Sebagai umat Kristiani yang hidup dalam Kasih Kristus harus berani menunjukkan jadi dirinya sebagai umat pengikut Kristus. Umat Kristiani diharapkan dapat menjadi Garam Kehidupan dan Menggarami Kehidupan ini. Menjadi pelita di kegelapan sekaligus rela menjadi sumber kebahagiaan lingkungan dimana ia bermukim.

Selain itu, pada kesempatan yang berbahagia ini, Saya juga ingin mengajak segenap umat Kristiani untuk memperkuat rasa persaudaraan, baik  sesama umat Kristiani dari Gereja yang berbeda maupun antara umat Kristiani dengan umat beragama lainnya. Mari sama-sama mengedepankan sikap toleransi dan saling tolong-menolong sesame anggota masyarakat. 

Melalui perayaan Natal Oikumene ini, juga mengajak umat Kristiani untuk memperbaharui semangat, pengharapan dan keyakinan adi dalam hati kita masing-masing, dan kepada para tokoh-tokoh agama dan umat Kristiani di Kabupaten Mahakam Ulu, agar bersedia tampil sebagai pelopor pemersatu masyarakat, serta menjadi mitra kerja Pemerintah dalam menyelesaikan berbagai permasalahan pembangunan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Mahakam Ulu. Selain itu, para pemuka agama juga sangat kita harapkan untuk senantiasa  mendukung setiap kebijakan dan program Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu melalui doa, demi terwujudnya Kabupaten Mahakam Ulu yang Sejahtera dan Berkeadilan. (Humas06)