UJOH BILANG- Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh melantik 11 Pejabat Eselon III dan IV di lingkungan pemerintah kabupaten Mahakam Ulu, di logistik point Ujoh Bilang, Selasa (14/2)

Jabatan yang di lantik pada jabatan eselon III adalah untuk Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Kepegawaian Pendidikan dan pelatihan, Dinas Ketenteraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Mahakam Ulu.

Sedangkan mutasi pejabat eselon IV dari Dinas Ketentraman  Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat serta mutasi seseorang eselon IV dari dinas KPP ke Badan Kepegawaian Pendidikann Kepegawaian dan  Pelatihan.

Dalam sambutannya bupati mengatakan,  Pelantikan mutasi dan rotasi pejabat dilakukan untuk memenuhi formasi jajaran pejabat pada setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah. “Pertimbangan utama dalam melakukan mutasi adalah fakta bahwa seseorang telah memiliki kapasitas dan kemampuan berdasar satu bidang pekerjaan, namun ternyata belum di tempatkan pada posisi yang sesuai kapasitas dan kemampuannya,” ujar bupati.

Menurut bupati, untuk dapat mengetahui secara pasti posisi  yang paling sesuai pada setiap pejabat diperlukan asesmen yang mendalam. Hal itu kata bupati membutuhkan waktu yang panjang sementara kelembagaan dan penetapan pejabat harus dilakukan dalam waktu singkat. “Karena itu kita harus siap melakukan mutasi bilamana di perlukan untuk menguatkan kelembagaan secara keseluruhan,” terang Bupati.

Ia melanjutkan, dalam pelaksanaan rotasi dan mutasi pejabat  memerlukan tujuan organisasi, yang menjadi tujuan organisasi sesuai pencapaian visi dan misi Bupati Mahakam Ulu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Dalam penetapan pejabat pada posisi tertentu adalah merupakan bagian dari keseluruhan upaya untuk mencapai tujuan organisasi. Adapun penetapan figur yang tepat pada posisi yang sesuai memerlukan pejabat yang memiliki kemampuan sesuai tugas pekerjaannya,” jelasnya.  Ia mengakui banyak pejabat terutama di lapisan III dan IV apalagi staf yang masih belum mengikuti pelatihan dan pendidikan struktural kedinasan dan pelatihan teknis yang terkait mengingat keberadaan Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu yang masih berdiri sehingga memerlukan pembenahan kepegawaian.

Bupati berharap kedepannya instansi Kepegawaian mulai melakukan penataan atas jenis pendidikan dan pelatihan yang diperlukan oleh setiap jabatan yang diperlukan di Kabupaten Mahakam Ulu dan  juga memerlukan kehadiran pejabat yang menguasai ilmu dan pengetahuan yang matang. Selain itu melalui pendidikan dan pelatihan sertai rotasi dan mutasi jabatan dapat juga memberi kesempatan pejabat untuk menguasai bidang dan tanggung jawab yang berbeda.(hms4)

Bupati Foto Bersama Usai Melantik Pejabat Esselon III & IV

Bupati Foto Bersama Usai Melantik Pejabat Esselon III & IV