UJOH BILANG – Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh, SH berharap agar keberadaan Kapal Tangkap Ikan 10 GT yang merupakan bantuan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dapat digunakan dalam meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat Mahakam Ulu, khususnya Kampung Memahak Besar dan Memahak Ulu, Kecamatan Long Bagun.

Harapan itu disampaikan Bupati Mahakam Ulu pada saat menyerahkan Kapal Tangkap Ikan 10 GT bantuan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) Ujat Beraan Kampung Memahak Besar dan Memahak Ulu di pelabuhan Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Rabu (18/1).

“Semoga keberadaan kapal tangkap ikan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan khususnya anggotanya,” harap Bupati Mahakam Ulu dalam sambutannya.

Lebih jauh dikatakannya, kapal ini sungguh sangat bagus, banyak penampung ikan, banyak peralatannya, ini proyek percontohan dan kita serahkan ke Kampung Memahak Besar dan Memahak  Ulu. Ke depan kita akan usulkan di tahun-tahun akan datang ke pemerintah pusat, sehingga setiap kampung nantinya memiliki kapal tangkap ikan.

Keberadaan kapal ini tidak hanya sebatas menangkap ikan dengan jaring, namun menangkap ikan dengan uang. Maksudnya BUMK yang mengelola kapal ini dapat menjadi penampung ikan dengan membeli ikan dari nelayan lalu dijual ke pasar-pasar baik di Mahakam Ulu dan luar Mahakam Ulu.

Sementara itu disampaikan Kabag Pemerintahan Setkab Mahakam Ulu  Lawing Nilas, S Pd, penyerahan bantuan Kapal Tangkap Ikan ini merupakan upaya pemerintah dalam mendukung percepatan kegiatan optimalisasi, pemanfaatan sumber daya alam, melalui bidang perikanan, dalam mewujudkan tata kehidupan masyarakat Kabupaten Mahakam Ulu yang lebih sejahtera berkeadilan, baik lahir maupun bathin. Sesuai dengan visi Kabupaten Mahakam Ulu, untuk semua sejahtera berkeadilan.

“Kami berharap bantuan yang bersumber dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, BUMK bersama “Ujat Beraan” Kampung Memahak Besar dan Memahak Ulu Kecamatan Long Bagun, yang mana menerima bantuan kapal tangkap ikan, yang mana semakin memotivasi untuk meningkatkan produktivitas, sehingga bantuan dapat dimaksimalkan dengan sebaik-baiknya,” harap Lawing.

Adapun spesifikasi bantuan Kapal Tangkap Ikan dengan nama Jaya Samudera 39 tipe 10 GT, berasal dari DIPA Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. No DIPA. 067.04.1.3504.53/2015 tanggal 7 Desember 2015 dengan nilai Rp 1.411. 787.000.

Adapun kelengkapan pendukung yaitu alat Navigasi dan komunikasi, kelengkapan keselamatan, kelengkapan tambat, kelengkapan interior dan eksterior, kelengkapan listrik dan pompa, kelengkapan permesinan dan instalasi. Sistem instalasi, kelengkapan geladak, alat tangkap. (Humas06)