UJOH BILANG-Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Republik Indonesia Nomor Kw.16.1/1-B/151/2017 Tanggl 10 Februari 2017, Kantor Perwakilan Kementerian Agama di Kabupaten Mahakam Ulu resmi terbentuk. Adapun posisi Kepala Kemenag Kabupaten Mahakam Ulu dijabat Drs. Joko Harjono Petrus Nicolas, M.Ap, sebagai dimana jabatan yang diemban sebelumnya adalah Pembimbing Masyarakat Katolik Kanwil Kemenag Kaltim. Ia dilantik Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur Drs.H.Saifi, M.Pd di Aula Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda beberapa waktu lalu.

Menindaklanjuti hal tersebut maka sejumlah pejabat Kementerian Agama di Kabupaten Mahakam Ulu dilantik Kepala Kantor Kementerian Agama Mahakam Ulu Joko Harjono Petrus Nikolas pada Jumat (17/2), di ruang serba guna Kantor Bupati Mahakam Ulu.

Pelantikan yang dihadiri dan disaksikan langsung oleh Bupati Mahakam Ulu Bonifasus Belawan Geh dalam sambutannya menegaskan, dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi dari seluruh bidang urusan Pemerintahan yang terpenting dan harus kita bawahi bukanlah tentang pelantikan pejabatnya, melainkan keharusan untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam melayani kepentingan umum.

“Kehadiran setiap figur Aparatur Sipil Negara (ASN) pada setiap jenis dan jenjang jabatan, hanyalah sebuah wujud dari tentang tanggung jawab,”tuturnya.

Bupati menambahkan, pada setiap pelantikan sering kali fokus perhatian tertuju pada figur pejabat yang dilantik, umumnya publik melihat pelantikan hanya dari satu sudut pandang saja, yakni keberuntungan pejabat yang dilantik dan perkembangan karir pejabat tersebut kedepan.

“Pada kesempatan ini saya ingin melengkapi pemahaman kita tentang pelantikan dari sudut beratnya beban tugas dan amanah, yang dibebankan kepada pejabat yang  dilantik, dengan menduduki satu jabatan waktu luang kita otomatis semakin berkurang, jam kerja semakin panjang, tanggung jawab semakin berat waktu berlibur pun semakin sedikit,”jelasnya.

Lebih dalam ditambahkan Bupati, Setiap pejabat mulai dari esselon IV,III dan II di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Mahakam Ulu, dapat ditugaskan oleh atasan untuk menjalankan tugas penting walau pun hari libur, namun saya yakin semua pejabat yang telah dilantik sudah bertekad untuk menerima tanggung jawab jabatan dan siap melaksanakan amanah untuk kepentingan umum dan masyarakat.

Beberapa hal catatan kami tentang kepentingan umum dan sosial di wilayah Kabupaten Mahakam Ulu, yang pertama adalah menciptakan kerukunan hidup antar umat beragama, yang kedua adalah pendidikan pemuda, remaja dan anak-anak agar tetap manyadari tanggung jawab sebagai murid sekolah dan terhindar dari tauran serta mencegah keterlibatan diri dari narkoba.

Dan yang ketiga adalah kesiapan dari masyarakat Mahakam Ulu menjadi warga yang saling bertoleransi, satu sama lain demi terciptanya kehidupan yang nyaman, aman, tertip dan saling bahu menbahu dalam semangat ketuhanan yang maha Esa.

“Saya berharap pada pejabat yang dilantik harus manyakini bahwa sudah siap segera mengabdi kepada masyarakat, dimana tempatnya ditugaskan,”harap Bupati.

Bupati juga menuturkan kami manyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pimpinan Kementerian Agama beserta seluruh jajaranya, di Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Timur dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mahakam Ulu yang cepat tanggap dalam membentuk Kantor dan mengangkat pejabat yang tugas dan fungsinya sangat di perlukan oleh kehidupan sosial di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu. (hms5)