MAHULU – Tepat sekitar 09.00 wita, acara peresmian dan pemberkatan gereja Katolik Santo Petrus, Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun dilaksanakan. Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh bersama isteri, Wakil Bupati Mahakam Ulu Y Juan Jenau bersama isteri, Ketua DPRD Mahakam Ulu Novita Bulan, Sekda Mahakam Ulu Yohanes Avun terlebih dahulu berkumpul di Pastoran Santo Petrus guna mengikuti prosesi perarakan selebran pendukung dan utama bersama-sama Uskup Agung Samarinda Mgr Yustinus Hardjosusanto.

Jarak Pastoran dengan gereja baru sejauh 20 meter, didahului dengan penyematan gelang manik oleh wanita adat Dayak kepada Uskup Agung Samarinda dan Bupati Mahakam Ulu. Setelah itu dilanjutkan dengan prosesi perarakan yang didahului oleh muda mudi katolik Gereja Katolik Paroki Santo Petrus menuju gereja baru, kemudian dibelakangnya diikuti oleh Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD dan Sekda Mahakam Ulu.

Setelah itu diikuti para Pastor dan Uskup Agung Samarinda Mgr Yustinus Hardjosusanto.

Saat berada di depan tangga gereja, rombongan selebran disambut dengan tarian pasangan pria dan wanita, yang mengambarkan kehidupan masyarakat Mahakam Ulu. Setelah 2 menit menari dihadapan Bupati Mahakam Ulu dan Uskup Agung, penari pria menyerahkan sebilah mandau kepada Bupati Mahakam Ulu.

img_0210

Bupati Mahakam Ulu didaulat untuk melakukan prosesi mitang bulu atau potong bambu, yang terlebih dahulu dengan melakukan gerakan tarian.

Seusai memotong bambu, dilanjutkan dengan menarik kain selubung papan nama gereja Katolik Santo Petrus oleh Bupati Mahakam Ulu dan Uskup Agung Samarinda. Kemudian keduanya melangkah menuju serambi depan gereja, untuk melakukan penandatangan prasasti peresmian gereja.yang batu keramik itu telah tertera nama Uskup Agung Samarinda dan Bupati Mahakam Ulu.

Setelah membubuhkan tandatangan di prasasti batu keramik, kemudian Bupati Mahakam Ulu, Uskup Agung Samarinda dan Ketua DPRD Mahakam Ulu bersama-sama melakukan pengguntingan pita yang melintang didepan pintu gereja.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan kunci gereja dari Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh kepada Uskup Agung Samarinda Mgr Yustinus Hardjosusanto, dan setelah itu diserahkan kepada Pastor Paroki Santo Petrus Ignasius Ding Jeno.

Pastor Paroki segera membuka pintu gereja yang nantinya dilanjutkan pemberkatan gedung gereja oleh Uskup Agung Samarinda, mulai dari halaman depan gereja hingga ke dalam gereja.