UJOH BILANG – Keberadaan partai politik diharapkan dapat memiliki peran memberi pengajaran atau edukasi politik kemasyarakatan untuk mendukung program pemerintah daerah dalam menembus keterisolasian wilayah.

 

Hal itu disampaikan Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh, saat memberikan sambutan pada acara pelantikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Mahakam Ulu Masa Bakti 2017 – 2022, Bo Himang Oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Kalimantan Timur, Rita Widyasari, Senin (17/1).

 

Kegiatan digelar di lamin adat Ujoh Bilang, dihadiri Wakil Bupati Mahakam Ulu Drs. Y Juan Jenau, Ketua DPRD Mahakam Ulu Novita Bulan, Wakil Ketua II Tiofilus Hanyeq dan segenap pengurus DPD Golkar Mahakam Ulu.

 

“Dengan menerima amanah untuk menjadi bagian dari struktur kepengurusan sebuah partai politik, Saudara sekalian dengan sadar telah menerima dengan hati yang tulus sebuah tanggungjawab untuk menjadi katalisator atau penyambung lidah rakyat dalam berkomunikasi dengan pemerintah daerah,” ungkap Bupati.

 

Sebagai penyambung lidah, lanjutnya, maka kedudukan sebagai kader partai di tingkat kepengurusan adalah sebuah panggilan tugas untuk mengabdi. Kader partai bukan lapangan kerja. Melainkan lapangan pengabdian. Sebagai lapangan pengabdian, kedudukan di dalam struktur setiap partai adalah sebuah panggilan untuk mengabdikan dan memberikan yang segala yang terbaik dari setiap kader kepada masyarakat.

 

Perlu dimaklumi bersama, bahwa kader partai bukanlah lapangan kerja. Karena itu, kader partai tidak mendapatkan kontra prestasi sebagaimana yang berlaku bagi para pekerja. Sebagai kader partai, kita dituntut untuk memberi. Tetapi kader partai yang duduk di Dewan Kepengurusan diwajibkan untuk mengabdi sepenuh hati, tanpa harus bertanya tentang apa yang diperolehnya.

 

“Kader partai di dewan kepengurusan adalah figur unggulan yang komitmen pengabdiannya kepada masyarakat dan daerah sudah teruji oleh waktu” terang bupati.

 

Dalam kesempatan itu pula bupati menjelaskan point utama dari edukasi politik kemasyarakatan adalah mendidik masyarakat untuk menyampaikan aspirasi yang sesuai dengan aturan perundangan sebagaimana sudah tertampung di dalam Perda tentang RPJM Daerah Kabupaten Mahakam Ulu, 2016 – 2021. Kepatuhan kita bersama terhadap RPJM Daerah dapat mencegah terjadinya tafsir ganda di tengah masyarakat atau pengajuan usulan rencana pembangunan yang berlebihan karena belum ditampung  didalam RPJM Daerah.

 

Untuk diketahui, jalan poros yang menghubungkan kecamatan paling hilir dengan kecamatan paling Hulu sedang dalam upaya untuk dibangun secara bertahap. Selain itu, jalur transportasi sungai juga sedang direncanakan peningkatannya. Daerah Kecamatan Long Apari, yang memiliki batas fisik langsung dengan Serawak, juga akan dikembangkan, sehingga pemerataan pembangunan dapat diwujudkan demi kesejahteraan masyarakat luas, semua tidak dapat dilaksanakan sendiri oleh pemerintah daerah. Dukungan dari segenap pimpinan dan kader partai, terutama yang duduk di kepengurusan setiap partai, termasuk kader Partai Golongan Karya yang hari ini resmi dilantik dalam struktur kepengurusan di tingkat DPD Kabupaten Mahakam Ulu, sangatlah diharapkan.

 

“Saya menaruh harapan yang besar pada segenap jajaran dewan kepengurusan dan para kader Partai Golongan Karya untuk menjadi mitra dan ikut mengawal semua kebijakan dan program pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan yang sedang maupun yang akan kami jalankan melalui penerapan Visi Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu,” ujar Bupati. (Humas04)