Home » Berita Terkini » Bupati Akan Membangun dari Kampung
2010_adv_mahulu_02

Bupati Akan Membangun dari Kampung

MAHULU – Dalam pembangunan Kabupaten Mahakam Ulu 2016 – 2021, Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu, menyerahkan sepenuhnya kepada 50 kampung untuk melakukan kegiatan pembangunan yang dituangkan dalam Alokasi Dana Kampung (ADK).

Setiap kampung mendapatkan alokasi dana sebesar Rp 1 miliar per tahun.

Pernyataan itu disampaikan Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh kepada umat Katolik yang menghadiri peresmian dan pemberkatan gereja Katolik Paroki Santo Petrus di Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Selasa (18/10).

Sebelumnya disampaikan Bupati Mahakam Ulu, secara nasional Presiden kita Jokowi, mencanangkan program dimulai dari pinggir, dan Kabupaten Mahakam Ulu berada dipinggir walaupun di pedalaman, karena berbatasan langsung dengan Malaysia.

Khususnya Kabupaten Mahakam Ulu, yang kita implementasikan dalam program visi misi 2016 – 2021, memprogramkan pembangunan secara keseluruhan dan serentak dari kampung-kampung, yang tertuang dalam program ADK dimana satu miliar per kampung tiap tahun.

“Ini menyeluruh disetiap kampung dan itu betul-betul pembangunan secara merata,” tandas Bupati.

Kemudian di kabupaten juga melaksanakan program yang sama, di kabupaten kita membangun yang lebih besar, yang tidak dapat dijangkau oleh kampung atau yang bukan domain kampung, untuk melakukan pembangunan. Seperti, jalan kabupaten, jalan perbatasan hingga Kubar, jembatan-jembatan, kemudian jalan kampung ke jalan poros PU, fasilitas umum lainnya, perkantoran dan sebagainya, yang dibutuhkan kabupaten itu adalah domain kabupaten.

“Jadi kita lakukan secara bersama atau serentak, disamping yang telah diprogramkan di kabupaten, dan kita memberikan kesempatan kepada kampung untuk membangun kampungnya sendiri, memprogramkan pembangunan di kampungnya sendiri, dimana Kabupaten menyiapkan anggarannya,” tandasnya.

Perlu diketahui secara nasional program pembangunan visi misi Presiden RI yang dimulai dari pinggir,dan sudah pasti kita akan mendapatkan perhatian. Karena Mahakam Ulu ada dua kecamatan yaitu Kecamatan Long Apari dan Long Pahangai masuk dalam program kawasan strategis nasional (KSN). Sudah dipastikan akan menjadi mendapat perhatian khusus, anggaran khusus, dan banyak dana APBN untuk disana, dan itu tetap menjadi perhatian.

Kemudian langkah-langkah lainnya, dana bagi hasil, DAU, lumayan memberikan prioritas bagi daerah baru.

“Itu semua akan kita manfaatkan untuk membangun kampung dan fasilitas umum lainnya,yang diperuntukkan oleh pemerintah kabupaten bagi kesejahteraan masyarakat Mahakam Ulu,” ungkap Bupati menutup sambutannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*